Modero Alat Musik Masyarakat Pamona Kab. Luwu

Keberadaan  sebuah  kesenian  tradisional  dalam  pelaksanaannya  mengandung  sebuah  makana  yang  berperan sebagai fungsi  dalam  pelaksanaannya,  baik  melalui  alat  musik,  nyanyian,  dan  gerakan  tertentu.  Modero  sebagai salah  satu kesenian  daerah  dalam  hal  ini  musik  tradisional,  yang  dalam  pelaksanaanya  melahirkan  beberapa  fungsi, yaitu fungsi  umum  dan  fungsi  khusus.

a. Modero  sebagai  sarana  hiburan  (  fungsi  umum )
b. Modero  sebagai  pengiring  penjemputan  tamu  pada  acara  tertentu (fungsi  khusus).

Kedua  fungsi   di atas  merupakan  sarana  bagi  masyarakat  pendukungnya,  untuk  dijaga  dan  tetap  dilestarika sebagai  aset  budaya  daerah  dan  kekayaan  budaya  bangsa.

1. Bentuk  Penyajian  Modero  Pada  Masyarakat  Pamona  Di  Desa  Maleku  Kecamatan  Mangkutana  Kabupaten  Luwu Timur 

Seperti  yang  telah  dibahas  sebelumnya  bahwa,  awalnya  Modero  merupakan  sebuah  bagian  dari  hiburan  dalam kerajaan  Luwu  yang  dilaksanakan  setelah  selesainya  pertemuan  anatara  raja-raja  pada  masa  kerajaan  Luwu. Menurut bapak  Yedrin  bahwasanya  penyajian  modero  disesuaikan  dengan  bentuk  acaranya,  oleh  karena  itu  ada  modero  ada yang  bersifat  umum  dan  ada  yang  brsifat  khusus.  Adapun  jenis  alat  musik yang  digunakan  yaitu :
a. Ganda  (  gendanag )
b. Gongi  (  gong ).

Terkait  dengan  adanya  unsur  tari  didalamnya,   adalah  sebuah  gambaran  tentang  pemakanaan  simbol penyatuan  yang  digambarkan  dalam  bentuk  melingkar  dengan  saling  bergandengan  tangan.

Fungsi  Modero  Pada  Masyarakat  Pamona  Di  Desa  Maleku  Kecamatan  Mangkutana  Kabupaten  Luwu  Timur

Fungsi  Modero  dalam  masyarakat Pamona  terbagi  atas  dua  bagian  yakni :
a). Fungsi  Umum.  Modero  sebagai  sarana  hiburan
Terjadinya  sebuah  karya  seni  didalam  sebuah  lingkungan  masyarakat  mempunyai  maksud  dan tujuan  yang ingin  dicapai  dari  hasil  karya  seni  tersebut.  Proses  penciptaan  dari  karya  tersebut  tentu  memakan  waktu  yang cukup lama,  mulai  dari  lahirnya  suatu  ide  dalam  pikiran  sang  seniman  atau  penciptanya,  hingga  pada  proses peyajiannya. Dari  pemahaman  tentang  hasil  karya  seni  atau  proses  penciptaan  dapat  kita  pahami  dan  mengerti  tentang  bagai mana  peranan  dan  kedudukan  suatu  karya  seni  sehingga  dapat  dinikmati  oleh  manusia  sekitarnya  untuk  ikut merasakan  dan  memenuhi  kepuasan  perasaan  seseorang. 

Seperti  halnya  dengan  musik  Modero,  tercipta  dan  lahir  ditengah – tengah  masyarakat  dengan  maksud  dan tujuan  tertentu.  Modero  sebagai  bentuk  sarana  hiburan  dalam  acara  pernikahan,  pesta  panen  yang  dala masyarakat Pamona  sering  disebut  Padungku,  dan  perayaan  17  agustus.  Dalam  acara  pernikahan  Modero  difungsikan  sebagai bentuk  rasa  sukacita  keluarga  yang  melaksanakan  pernikahan,     dalam  acara  pesta  panen  Modero  difungsikan sebagai  bentuk  rasa  syukur  kepada  Tuhan  atas  hasil  pertanian  yang  telah  dicapai, meskipun  hasil  panen  tidak berhasil  secara  optimal,  Modero  tetap  dilaksanakan,  karna  bagi  mayarakat  Pamona rasa  syukur  tidak  dilihat  dari hasil  yang  mereka  capai,  melainkan  rasa  syukur  itu  lahir  ketika  mereka  dapat  kembali  berkumpul  satu  sama  lain, sedangkan  dalam  acara  perayaan  17  agustus,  Modero  difungsikan  sebagai  bentuk  penghargaan  kepada  para pejuang  yang  gugur  dalam medan  perang  ketika  membela  dan  mempertahankan  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia  ( NKRI ).  Secara  umum  modero  ini  sering  juga  dijadikan  sebagai  tempat  pencarian  pasangan  hidup dikalangan  muda - mudi.

b). Fungsi  Khusus.  Modero  sebagai  pengiring  penjemputan  tamu  agung  dalam  acara  tertentu.
Dalam  kehidupan  masyarakat  Pamona,  tidak  terlepas  dari  fungsional  strata  sosial  yang  mengarah  pada integritas  bangsa.  Menurut  bapak  Yedrin  selaku  informan  ( wawancara,  jumat  2  desember  2011 )   bahwa  masyarakat Pamona  tidak  mengenal  adanya  pengelompokan  strata  sosial  diantara  mereka,   disisi  lain  mereka  hanya  melihat strata  itu  dalam  ruang  lingkup  pemerintahan  dan  hukum.  Ketika  sebuah  acara  yang  berkaitan  dengan  kedatangan para  petinggi  pemerintahan  dan  petinggi  hukum,  maka  modero  difungsikan  sebagai  pengiring  penjemputan  selamat datang. 

1. Bentuk  Penyajian  Modero  Pada  Masyarakat  Pamona Desa  Maleku  Kecamatan  Mangkutana  Kabupaten  Luwu Timur

Modero  sebagai  sebuah  musik  tradisional  memiliki  bentuk  dan  ciri  khas  tersendiri  dari  beberapa  musik tradisional  yang  ada  di  nusantara,  ini  terlihat  dari  bentuk penyajiannya  yang  dibagi  kedalam  dua  bentuk,  dimana modero  umum  hanya  dilakukan  dalam  acara  pernikahan,  pesta  panen,  dan  perayaan  17  agustus,  sedangka modero khusus  hanya  dilaksanakan dalam  acara  terentu,  seperti  kedatangan  gubernur,  dan  petingggi - petinggi  pemerintahan lainnya.

Pada  dasarnya  Modero  merupakan  sebuah  nyanyian  yang  mana syairnya  merupakan  pantun, yang  dinyanyikan secara  berkelompok  yang  iringan  musiknya  menggunakan  gendang  dan  gong. Dalam  penyajian  musik  modero gendang  yang  dalam  bahasa  Pamona  disebut  ganda, merupakan  alat  musik  ritmis  yang  fungsinya  sebagai  penyatu irama  antara  lagu  yang  dinyanyikan  dengan  gerakan  tangan  dan  kaki,  alat  musik  ini  biasanya  dimainkan  oleh  dua orang  dengan  cara  dipukul/ditabuh  menggunakan  stik  yang  terbuat  dari  kayu  yang  teksturnya  keras  dan  kuat, biasanya  menggunakan  kayu  uruh.

Proses  pembuatan  alat  ini  yakni  memnggunakan  batang  kayu  siombi  sebagai  tabung  yang  panjangnya  kurang lebih  50  cm,  kemudian  untuk   membran  menggunakan  kulit  rusa  atau  anoa,  sedangkan  penguat  membran menggunakan  tali  pengikat  yang  terbuat  dari  rotan  serta  bilahan  kayu  siombi  yang  direkatkan  disekeliling permukaan  tabung  gendang,  yang  berfungsi  sebagai  stem  dari  suara  yang  dihasilkan  ketika  gendang  itu dibunyikan.

Secara  Pilosofsis  beberapa  bagian  dari  gendang  ini  mememiliki  makana  tersendiri,  yakni  bentukanyaman  ikatan  yang  terdapat  pada  gendang  ini  yaitu  saling  merangkul,  merupakan  sebuah  penyatuan  antara  semua  golongan  masyarakat  dalam  sebuah  ikatan  persaudaraan  yang  erat.

Pada  masyarakat  Pamona,  alat  musik  gong / gongi dalam  bahasa  Pamona,  merupakan  sebuah  alat  musik ritmis  yang  digunakan  sebagai  pasangan  gendang  dalam  penyajian  modero,  gong  yang  digunakan  tidak  berbeda dengan  gong  pada  umumnya  yakni  tebuat  dari  besi  kuningan.

Dalam  modero,  gong  berperan  sebagai  pengatur  tempo  yang  mana  sumber  bunyinya  dihasilkan  melalui getaran dari  alat  itu  sendiri ( idiophone )  cara  memainkannya  yaitu  dengan  cara  dipukul  menggunakan  stik  mengikuti  irama gendang.

Modero  merupakan  salah satu  musik  tradisional  yang  menggunakan    peralatan  atau  instrumen  seperti  yang telah  dijelaskan  sebelumnya.  Menurut  keterangan  informan  ( bapak  Yedrin ),  bahwa  alat  tersebutlah  yang  sanga berperan  dalam  melaksanakan  modero.  Jumlah  pemain  yang  digunakan  dalam  pertunjukan  modero  yang  mana  jika pelaksanaanya  sebagai  modero  umum,  yakni  minimal  20  orang  yang  merupakan  gabungan  dari  beberapa  suku yang  ada  di  Desa  Maleku  yang  akan  menyanyikan  syair  dari  lagu  nyanyian  modero,  untuk  pengiring  yaitu sebanyak 2  oarang  yang  mana  seorang  sebagai  penabuh  gendang,  dan  seorang  lagi  sebagai  pemukul  gong.  Untuk  modero khusus,  pemainnya  minimal  10  orang  yang  merupakan  pemangku  adat  dari  masyarakat  Pamona.  Pelaksanaan modero  dilaksanakan  pada  malam  hari  dan  berakhir  hinngga  subuh  hari.

A. Alur

Alur  dalam  pertunjukan  merupakan  gambaran  tentang  bagaimana  sebuah  proses  pementasan  dari  awal  hingga akhirnya  sebuah  pertunjukan.
  1. Sebelum  dimulainya  pertunjukan,  terlebih  dahulu  memohon  doa  yang  dipimpin  ole  sesepu  adat.  Ini dimaksudkan  agar  dalam  pertunjukan  tidak  terjadi  sesuatu hal  yang  tidak  inginkan.
  2. Semua  pemain  bersiap  di  tempat  yang  telah  ditentukan.
  3. Ketika  gendang  sudah  mulai  dibunyikan,  maka  pertnda  bahwa  modero  segera  dimulai.
  4. Kelompok  penyanyi  mulailah  menyanyikan  lagu  modero yang  merupakan  syair  yang  dalam  bahasa  Pamona  disebut  kayori  berisikan  pantun.

5) Sambil  bernyanyi,  kelompok  penyanyipun  bergerak  berkeliling  yang  mana  gerakannya  berlawanan  dengan  arah jarum  jam,  dengan  posisi  tangan  kanan  mengarah  keatas,  sedangkan  tangan  kiri  mengarah  kebawah  sambi merangkul  tangan  dengan  pasangan  disisi  kiri  dan  kanannya.       

c  Kostum

Pengertian  kostum  dalam  kamus  bahasa  Indonesia  yang  mengandung  arti  pakaian  nasional,  pakaian kebangsaan,  baju  atau  pakaian  sandiwara.  Istilah  kostum  dalam  pertunjukan  adalah  segala  bentuk  baju  atau busana  yang  digunakan  olh  para  pemaian  sesuai  dengan  konsep  apa  yang  akan  dibawakan.

Peranan  kostum  dalam  sebuah  pertunjukan  sangat  penting,  kostum  yang  dipakai  bukan  sekedar  sebagai penutup  tubuh  agar  terhindar  dari  panas  matahari  atau  juga  sebagai  penutup  aurat,  akan  tetapi  sebagai  salah elemen  yang  dapat  menyampaikan  ide  atau  gagasan  yang  akan  disampaikan  dalam  pertunjukan  tersebut.

Dalam  pementasan  modero  khusus,  kostum  yang  diginakan  adalah  pakaian  adat  masyarakat  Pamona  yang dikenal  dengan  sebutan  pasanga,  pakaian  ini  dapat  menunjukan  status  dari  orang  yang  memakai  baju  tersebut yakni,  jika  berwrna  hitam  berarti  orang  yang  sudah  berkeluarga  ( orang tua ),  jika  berwarna  merah  berarti  anak muda  ( generasi  penerus ),  dan  jika  berwarna  kuning  berarti  orang  tersebut  merupakan  pemangku  adat  atau  orang yang  memiliki  jabatan  tertinggi  dalam  pemerintahan  baik  ditingkat  Desa  maupun  ditingkat  pusat.  Dalam  modero umum,  kostum  yang  digunakan  merupakan  kostum  bebas  tetapi  sopan.

d  Syair

Syair  merupakan  kata  yang  menggambarkan  maksud,  tujuan  dan  pesan  dalam  sebuah  lagu.  Menurut  Mc  Neil, Rroderick,  kekuatan  syair  pada  lagu,  adalah  wujud  dari  konsentrasi  pikiran  dalam  mengimajinasikan  antara  kata dan bunyi.Syair  dalam  lagu  modero  merupakan  pantun  yang  merupakan  pesan  moral,  dan  pantun bersifat  sindiran (kasmaran ).  Adapun  contoh  syair  modero  antara  lain  sebagai  berikut :

Contoh  syair  modero  umum  dalam  acara  pesta  panen.

Kayori  Po  Bonde (Syair  tentang  berkebun  untuk  keluarga  baru )

Pobondenya  ndate  nawo                                    

Pa’e nya  motapu – tapu                                     

Beda  tuwu  ana  nta’u                           

Kapusanya  moga’a  yau                      

Kepada  keluarga  yang  baru

Kepada  keluarga  yang  baru

Jangan  malas,  sehingga  hasil  panen 

Tidak  memuaskan  yang  akhirnya 

Isteri  bisa  minta  cerai 

Contoh  syair  modero  umum  dalam  acara  pesta  pernikahan  antara  lain  sebagai  berikut :     

Syair  ( Kayori ) cinta  bersifat sindiran

Siko ne’e ka....                                                        

Siko ne’e kagele –gele                                            

Nu saru ba......                                                                                             

Nu saru bara ku engge                      

Re’e ri oyo m’pamuda                                          

Mantima banya anunya                                        

E’a... mata to da ku nginu ka rasu                     

kamu jangan tersenyum padaku

jangan menebar pesona padaku

 kau pikir

kau pikir bahwa aku mau menjadi kekasihmu

Ada di tengah lingkaran pemuda

Ada di tengah lingkaran pemuda

Mendekati gadis bukan miliknya

Malu rasanya jika membayangkan

Mau minum racun

Contoh  syair  modero  khusus  yang  digunakan  untuk  menjemput  tamu  kehormatan  ( Gubernur  dan  Bupati )  antara lain  sebagai  berikut :

Syair  ( kayori ) Dalam  Mempertahankan

Kesatuan  Negara  Republik  Indonesia 

Potunda ka maradeka Pancasila po tabe’a                  

Negara ne’e maeka Tanggu kami mantabe’a          

Reff :                                                           

Wai ka mo doni dole naka soyo mo ando            

Sisi ng’koro ku pindongo n’tuwu da nu pa tambo          

Iyo...naka... naka..wa se’e mo..                                        

Naka wase’e mo napa’endo – endo eyo                    

                                                                                          

Kita berada dalam kesatuan

NKRI dalam bingkai pancasila

Kami siap mengawal Negara

Sampai titik darah penghabisan

Reff

Biarkanlah mentari itu tenggelam

Dan masuk diperaduannya

Apakah aku dilahirkan untuk kau kecewakan

Kalau memang demikian,

Jika memang harus demikian,

Mungkin itu sudah takdir

Dalam hidup ini


Awal BalaLembang,S.Pd